Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3.a.7.1 Menerapkan Inkuiri Apresiatif
Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Setelah Anda membuat rekomendasi perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A, maka proses berikutnya adalah Anda diminta untuk mengunggah Tugas Individu tersebut pada Forum ini.
Forum diskusi kali ini merupakan kesempatan bagi Bapak/Ibu CGP dalam berlatih untuk saling memberikan masukan secara sistematis dan terstruktur. Hal ini penting dilakukan dalam rangka mengevaluasi proses pembelajaran pribadi berdasarkan pengamatan rekan lain. Masukan yang diberikan dari rekan lain akan membantu kita untuk mengembangkan diri lebih baik lagi sebagai guru penggerak. Aktivitas ini disebut juga umpan balik.
Saat ini Anda akan belajar mempraktekkan konsep mengenai umpan balik yang telah dipelajari pada kegiatan sebelumnya. Anda diminta untuk memberikan umpan balik yang efektif terhadap pekerjaan CGP lain mengenai rekomendasi perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A. Dalam memberikan umpan balik, pastikan Anda fokus pada apa yang berhasil dilakukan dengan baik oleh rekan CGP lain dan berikan pertanyaan reflektif yang dapat memantik ide mereka untuk meningkatkan kualitas pekerjaan pada Tugas Individu tersebut. Umpan balik yang Anda berikan harus mengacu dan memenuhi komponen yang ada di rubrik.
1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif
MENERAPKAN INKUIRI APRESIATIF UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN BAKAT
SISWA SERTA SIKAP KREATIF .
1.Hal baik apa yang dapat Anda temukan dari murid rata-rata ini dalam kegiatan belajar?
Rata – rata murid mengerjakan tugas yang diberikan guru dan berusaha menyelesaikannya tepat
waktu.Murid selalu mendengarkan instruksi guru meskipun dengan jawaban yang kurang benar.
. 2. Hal menarik apa yang dapat Anda pelajari dari respon, aktivitas, dan hasil belajar yang murid rata-rata
ini?
Hal menarik yang saya perhatikan dari respon ,aktivitas siswa,dan hasil belajar adalah siswa butuh tuntunan
diawal setelah itu siswa bergerak dan aktif sendiri serta berkreasi sesuai dengan keinginannya.Pengalaman
yang pernah saya alamai awal siswa yang tidak pernah sama sekali dalam pembelajaran berbicara atau
menulisakan sesuatu untuk mengungkapkan kelebihan mereka atau passion mereka pada tulisan.Saya hanya
berusaha menuntun anak dengan memberikan contoh sedikit cerita tentang kegiatan yang saya lakukan
denga tulisan dan memberikan gambar – gambar yang sesuai.Ternyata respon siswa rata – rata adalah
menuangkan hal tersebut versi mereka sendiri bahkan diluar dugaan untuk siswa teretentu.Hal itu
mempengaruhi hasil belajar siswa karena belajar dengan gambar yang menarik serta hasil tulisan mereka
sendiri hasilnya berbeda dengan yang hanya membaca teks saja.Hal itu membuat siswa kreatif untuk
memberikan tulisan terbaik mereka sambil belajar.
Bagi rekan guru CGP bisa mengunduh filenya dalam bentu pdf melalui link yang sudah kami sediakan di sini.Silahkan Download Di Sini
atau bapak/ibu guru CGP bisa mengunduh file Demonstrasi kontekstual modul 1.3.a.7.1 yang lainnya DI SINI
Belum ada Komentar untuk "Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3.a.7.1 Menerapkan Inkuiri Apresiatif"
Posting Komentar