Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik 5 Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.
Terdapat prinsip-prinsip utama dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu bersifat holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif . Proyek penguatan profil pelajar Pancasila sangat bermanfaat bagi peserta antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam berbagai kondisi, serta memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar.
Berikut ini adalah contoh soal dan jawaban dari soal post test Modul 4 Topik 5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 9 soal dengan nilai 100.Silahkan disimak baik-baik.
1. Pak Luis melihat beberapa alur projek yang dicontohkan oleh pemerintah, tetapi merasa butuh penambahan alur kegiatan projek agar kegiatan murid memiliki waktu lebih panjang pada kegiatan eksplorasi. Langkah apa yang bisa dilakukan Pak Luis dalam merancang modul projeknya?
Jawab : Menambah pertemuan/kegiatan pada sesi eksplorasi dalam modul projeknya
2. Pembuatan modul projek bersifat fleksibel karena dapat menyesuaikan dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen inti yang ada dalam modul projek...
Jawab : Semua benar
3. Pak kiki melihat beberapa modul projek dalam platform yang disediakan oleh pemerintah. Ia memutuskan akan memodfikasi modul projek yang sudah ada untuk disesuaikan dengan konteks satuan pendidikannya. Berikut adalah kondisi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah:
- Modul Projek memliki 5 dimensi
- Alur kegiatan projek memiliki instrumen asesmen yang jelas dan terukur
- Setiap kegiatan sudah memiliki pertanyaan pemantik yang tepat sasaran
Dengan kondisi modul projek di atas, apakah yang bisa Pak Kiki modifikasi sesuai dengan prinsip dan panduan projek?
Jawab : Mengurangi dimensi yang ada menjadi 2-3 dimensi yang menunjukkan fokus utama projek ini
4. Dalam satu tema projek, disarankan untuk memilih 2 atau 3 dimensi dan elemen yang menjadi fokus. Dimensi dan elemen diharapkan dapat tercakup dalam semua tema dalam 1 fase.
Pernyataan diatas adalah...
Jawab : Benar
5. SD Merdeka telah melakukan asesmen diagnostik dan menyadari bahwa lingkungan sekolahnya dekat dengan sentra oleh-oleh daerah. Tim fasilitas projek juga menyadari bahwa ada ketertarikan murid terkait dengan jajanan khas daerahnya. Terlebih lagi, banyaknya orang tua murid yang bekerja sebagai pekerja di sentra oleh-oleh tersebut. Tema apakah yang cocok diambil oleh SD Merdeka dalam berprojek terkait dengan isu diatas?
Jawab : Kearifan Lokal
6.Dalam merancang modul projek, kita akan menentukan alur kegiatan projek. Pemerintah telah memberikan contoh alur kegiatan projek dalam panduan projek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagai pendidik kita dapat merubah alur projek sesuai dengan kebutuhan orang tua dan mitra.
Pernyataan di atas adalah..
Jawab : Benar
7. Bu Ganes sedang membuat rubrik asesmen projek SMP, bagaimanakah prinsip pembuatan rubrik asesmen yang benar?
Jawab : Bu Ganes harus membuat deskripsi yang jelas, terukur dan terlihat perbedaannya di tiap tingkatan penilaiannya
8. Penyelenggaraan pemilihan OSIS sudah semakin dekat. Tim fasilitas projek ingin mengintegrasikan pemilihan tahunan ketua OSIS dengan kegaitan projek murid, maka tema yang dapat diambil oleh tim fasiilitas projek adalah..
Jawab : Suara Demokrasi
9. Sebelum memulai projek, tim fasilitator projek dapat melakukan asesmen ..... untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan murid
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah...
Jawab : Diagnostik
Demikian materi terkait dengan Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik 5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru sekalian.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Topik 5 Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"
Posting Komentar